Love for All Hatred for None

Senin, 18 Januari 2010

Definisi Islam

Perbedaan muslim dengan bukan muslim dewasa ini sering disalah artikan, dan bersifat abstrak. Kadang satu kelompok menganggap mereka paling "muslim". Sikap ini tentu bukan saja mengganggu kenyamanan dan keharmonisan antar sekte (golongan) di dalam islam, namun meresahkan umat agama lain. Mari kita tengok kebelakang; kelompok-kelompok minoritas Islam seperti, sebut saja LDII, JIL atau AHMADIYAH kerap mendapat perlakuan buruk dari sekte (kelompok) yang lebih kuat. Dan parahnya tindakan mereka sering mengatasnamakan seluruh umat islam. Meski diyakini kelompok-kelompok muslim lain belum tentu berdiri dibelakang tindakan mereka. Ungkapan-ungkapan "sesat" dan "non Islam" kerap dilontarkan. Sekte-sekte kecil semacam LDII atau AHMADIYAH, walau berkali-kali sekte tersebut mengaku muslim tetap dianggap non muslim. Perlu sekali menerangkan definisi muslim (Islam) menurut al-Quran dan tentu saja Hadits.


1.Definisi Pertama Menurut al-Quran:
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi (berperang) di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan salam kepadamu (bahwa): Kamu (kalian) bukan seorang mumin(lalu kamu membunuhnya), (Qs. An-Nisa 4: 94)

Maksud ayat ini (kasarnya seperti ini): Kalau ada orang yang seperti umat islam lalu mengucapkan "Assalamu'alaikum" kepada kalian. Maka kalian tidak berhak mengatakan kepadanya. "(Hei) kamu ini bukan orang mukmin".

2.Definisi Kedua Menurut Hadits:
Jibril datang kepada Rasulullah saw dalam bentuk manusia dan bertanya: "Hai Muhammad! Beritahu kepadaku tentang Islam?". Beliau saw bersabda: "Islam ialah..
a.hendaknya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah
b.Mendirikan Shalat
c.Memberikan Zakat
d.Puasa di bulan Ramadhan, dan
e.Beribadah Haji di Baitullah, jika engkau mampu menempuh dijalannya.
(Shahih Muslim, Kitabul Iman)

Ternyata Definisi Islam itu simple. Jadi selama mereka (sekte minoritas dalam islam) masih mengerjakan itu semua,mereka tetap Islam. Kenapa kita mengusik mereka....?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Seruan Hati - Template ini design ulang oleh Yusuf Awwab